-->
Info : 1. Kepada para siswa/i SMKN 1 Sukabumi, diharapkan secepatnya mengirimkan tugas yang Bp tugaskan ...2. Jika para siswa/i telah mengumpulkan tugas baik berupa makalah, e-mail maupun web tetapi belum terdapat namanya di blog ini, harap secepatnya konfirmasi ke Bp ...3. Kepada mahasiswa UMMI, IMWI dan STT Nusa Putra, diharapkan mendownload bahan u'presentasi sebagai bahan UAS ...4. Tugas -tugas yang telah Bp berikan diharapkan segera dikumpulkan (Mahasiswa UMMI, STT Nusa Putra, IMWI) ...5. Nilai Ujikom KKPI tahun 2014-2015 dapat dilihat di menu download, siswa .....6. Bimbingan skripsi untuk mahasiswa Univ. Nusa Putra kleas reguler setiap hari rabu, karyawan sabtu sabtu ba'da dzuhur dan AIS hari minggu ba'da dzuhur ...terima Kasih
1 2 3 4 5

Kiat menyusun penelitian skripsi



Banyak sekali para mahasiswa yang masih bingung dalam menyusun laporan penelitian skripsi.  Mereka umumnya bingung harus mulai dari mana, bagaimana cara menyusunnya dan sebagainya.  Dengan tulisan ini mudah-mudahan dapat membantu mahasiswa dalam menyusun sedit demi sedikit bagaimana menyusun alur laporan  skripsi dengan baik dan benar.  Hal ini tentu saja didasari dengan pengalaman penulis dalam membimbing mahasiswa dan kajian-kajian ilmiah yang pernah ditulis dan dipublikasikan.

Pada umumnya setiap kampus memiliki aturan-aturan yang berbeda dalam menyusun pedoman skripsinya, tetapi pada dasarnya sama yakni  agar setiap mahasiswa pada kampus tersebut memiliki persepsi yang sama yang sudah ditentukan.  Hal ini dapat dimaklumi karena hasil dari skripsi mahasiswa tersebut secara tidak langsung akan disimpan dalam perpustakaan kampus untuk jadi referensi mahasiswa dibawahnya maupun kajian penelitian yang nantinya dapat dikembangkan pihak civitas kampus.
Bab I.  Pendahuluan
Pada bab ini terdiri dari :
a.    Latar belakang masalah
Dalam menyusun latar belakang masalah, saya mempunyai konsep yang diambil dari Dosen Pasca sarjana Dr. Romi Satria Wahono, M.Eng, dengan konsep OMKKSOLTU. Apa artinya ?
Contoh kasus :  judul skripsi (pengaruh  animasi interaktif dengan inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika (studi kasus sma negeri x bandung/pengaruh metode inquiry dengan animasi interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika (studi kasus sma negeri x bandung).
Dalam latar belakang masalah ini dimabil jurnal-jurnal/buku referensi pendukung sehingga dapat ditulis pada bagian ini seperti contoh berikut :
Siswa adalah bagian terpenting dari perubahan yang terjadi disekolah …….(achmad, 2009) ini adalah O (kalimat ini adalah kutipan dari jurnal referensi). Hasil belajar siswa pada siswa tigkat sekolah dasar sampai menengah mengalami penurun yang diakibatkan oleh beberapa factor …………..(budi, 2010) ini adalah M (kalimat ini adalah kutipan dari jurnal referensi). Metode –metode dalam meningkatkan hasil belajar siswa seperti metode problem base learning (gungun, 2013), proyek base learning (cahya, 2010) dan jigsaw (dani, 2009) ini adalah metode –metode yang dijadikan kajian referensi dalam jurnal. 
Problem base learning memiliki kelebihan karena dalam memecahan masalah secara langsung tetapi kekurangannya butuh waktu lama dalam akusisi data (gungun, 2013).  Proyek base learning memiliki kelebihan dalam hasil output yang didapatkan dalam nilai ekonomis sedangkan kekurangannya butuh kerjasama yang baik dalam semua pihak dan data yang dihasilkan kurang bagus (cahya, 2010).  Jigsaw memiliki kelebihan dapat memecahkan masalah dengan cara permainan sedangkan kekurangannya seorang guru harus dapat mengontrol para siswanya  sehingga akurasi data kuarang tepat (dani, 2009) ini adalah KK (kalimat ini adalah kutipan dari jurnal referensi).  Dengan menggunakan Metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cukup signifikan, hal karena metode ini memliki kelebihan pada waktu penelitian yang panjang sehingga keakuratan data dapat dipertanggungjawakan tetapi kelemahannya dibutukan ketelitian dan kesabaran bagi guru dalam melakukan penelitian ini ………….(sudarso, 2013) ini adalah SOL (kalimat ini adalah kutipan dari jurnal referensi).  Pada penelitian ini digunakan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
b.    Identifikasi masalah
Dalam kasus ini dapat diambil beberapa identifikasi masalah contohnya :
·         Sistem pengukuran masih menggunakan manual (mis. Kondisi dilapangan masih manual)
·         Tingkat akurasi masih belum memuaskan karena masih menggunakan manual
·         Dsb
c.    Batasan masalah
·           Penelitian ini dilakukan dengan sampel mapel bahasa indonesia dengan kelas x ipa
·           Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun akademik 2012-2013
·           Dsb
d.   Rumusan masalah
·           Bagaiman peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiry ?
·           Parameter apa saja yang digunakan dengan metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa?
·           Seberapa besar kehandalam GUI yang dibuat sehingga dapat membantu pihak terkait dalam meningkatkan hasil belajar siswa?
·           Dsb
e.    Tujuan dan manfaat penelitian
1.    Tujuan
·           Meninhkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inquiry
·           Menggunakan parameter  dengan metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa
·           Menghasilkan kehandalan GUI yang dibuat sehingga dapat membantu pihak terkait dalam meningkatkan hasil belajar siswa
2.    Manfaat praktis
(tuliskan apa saja)
Manfaat teoritis
(tuliskan apa saja)
f.         Sistematika penulisan
Dalam sistematika penulisan yang disajikan secara umum terdiri dari lima bab, dan masing-masing bab memiliki beberapa sub bab yang terdiri dari :
Bab I  Pendahuluan
Pada bab ini berisi latar belakang penulisan, permasalahan ……………dsb.
Bab II  Landasan Teori           
Pada bab ini berisi tentang landasan teori yang digunakan …………dsb
Bab III Metode Penelitian
Pada bab ini berisi tentang metode penelitian yang membahas mengenai ……dsb
Bab IV  Hasil Dan Pembahasan
Pada bab ini berisi tentang hasil dan pembahasan …………..dsb
Bab V  Kesimpulan dan Saran
Pada bab ini berisi mengenai kesimpulan dari hasil …………dsb

Bab II.  Tinjauan Pustaka
Hal penting yang perlu dingat dalam tinjauan pustaka ini adalah :
1.    Kutipan-kutipan dari buku refensi maupun jurnal harus ada dalam daftar pustaka, jangan mengutip jurnal/buku refensi tetapi tidak dicantumkan dalam daftar pustaka
2.    Buat sub yang berisi variabel x dan y sesuai dengan judul skripsinya, misalnya jika contoh kasus diatas, maka variabel x-nya adalah pengaruh animasi interaktif (cari kutipan dari jurnal/buku referensi terkait dan cantumkan secukupnya saja) , variabel y-nya adalah meningkatkan hasil belajar siswa/hasil belajar siswa pada pelajaran matematika (cari kutipan dari jurnal/buku referensi terkait dan cantumkan secukupnya saja), lalu dapat pula mencantumkan literature metode yang dipilih (dalam kasus ini metode inquiry) cari kutipan dari jurnal/buku refernensi terkait.
3.    Jika ingin mancantumkan tempat kasusnya mis. Sma negeri x bandung (boleh juga dicantumkan sebagai referensi, mis visi dan misi, struktur organisasi, sejarah dsb)
4.    Wajib cantumkan juga pada sub tertenyu kajian studi relevan, misalnya seperti contoh berikut ini :
No
Peneliti dan Tahun Penelitian
Judul dan Lokasi penelitian
Domain
Hasil
Komentar Peneliti
Yang diadopsi oleh peneliti
1
Gugun gunawan (2013)
Penerapan problem base learning dalam kurikulum 2013 pada mapel matematika, UNY Yogyakarta
Tolak ukur yang digunakan, diantaranaya sebagai berikut :
1.    Kognitif
2.    Psikomotorik
3.    Afektif

Dapat mendorong staf pengajar didorong untuk merefleksikan
kualitas, kecukupan, kepuasan, efisiensi dan inovasi dalam pengajaran teknis
lembaga akademik
Proses evaluasi penilaia siswa yang terdapat dalam hal dimana variabel kualitatif dipetakan menjadi hasil numerik dengan menerapkan problem base learning  
Hasil
penelitian
ini akan
menjadi
acuan
dalam
penelitian
ini
Cantumkan semua jurnal-jurnal yang nantinya akan dijadikan referensi, jurnal-jurnal tersebut terdapat dibab 1 pada latar belakang masalah.
5.    Cantumkan pula software animasi interaktif yang nantinya akan digunakan, misalnya macromedia flash.  Dapat diterangkan sejarah perkembangan flash beserta versinya masing-masing dsb
6.    Cantumkan kerangka pemikiran penelitian anda (dalam sebuah bagan terstruktur sdari awal anda mendapatkan masalah, merumuskan masalah, menjawab dengan solusi yang ditawarkan, proses pengambilan data serta bagaimana pengolahan data yang terjadi sampai penarikan kesimpulan), hasilnya terangkan secara singkat dan jelas
7.    Dalam menarik hipotes yang perlu diperhatikan ialah hendaknya ada keterkaitan antara penarikan hipotesis dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian pada bab 1, misalnya dalam kasus ini diambil hipotesis sebagai berikut :
·      Diduga dengan metode inquiry dengan media interaktif dapat meningkatkan  hasil belajar siswa
·      Parameter yang digunakan dapat mendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat mendukung
·      Diduga GUI yang dibuat sehingga dapat membantu pihak terkait dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Sehingga hasil dari hipotesis ini dicantumkan dalam kesimpulan dan data-data pendukung (proses pengambilan sampel, pengolahan dan hasilnya dilampirkan pada lampiran)
Bab III.  Metodologi Penelitian
(Sudah jelas)
Bab IV.  Hasil dan Pembahasan
(sudah jelas)
Bab V.  Kesimpulan dan Saran
(sudah jelas)
Daftar Pustaka
(sudah jelas)

Selamat mengerjakan, mudah-mudahan catatan saya ini dapat membantu khususnya bagi para mahasiswa yang baru mengerjakan skripsi, sehingga dapat mudah dalam menyusun laporan sesuai sistematika penulisan yang baik dan benar.
Salam mahasiswa, bangkit negaraku dengan pendidikan yang kuat dan berkarakter.

Salam,

Dudih Gustian

Comments
0 Comments

Profilku

Salam Hangat, ini adalah blog yang bertujuan untuk sekedar share pengetahuan, pengalaman baik untuk diri sendiri maupun oranglain. Mudah-mudahan ada setitik manfaat dari tulisan didalamnya bagi anda ...Read More..

Kecerdasan Buatan mendekatkan diri pada sang Pencipta

Google+ Followers