-->
Info : 1. Jadwal Live session untuk mata kuliah : Konsep Sistem Informasi SI 20A Jum'at 15 Januari 2021 jam 16:00 - 17:00, Machine Learning TI 18B Jum'at 15 Januari 2021 jam 17:00 - 18:00, Konsep Sistem Informasi SI20B Senin 18 Januari 2021 jm 17:00 - 18:00, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi SI 19B Selasa 19 Januari 2021 jam 17:00 - 18:00, Konsep Sistem Informasi SI 20C Minggu 17 Januari 2021 jam 19:00 - 20:00, Arsitektur dan Organisasi Komputer SI 19C Minggu 17 Januari 2021 jam 16:00 - 17:00, Data Mining SI 18C Minggu 17 Januari 2021 jam 17:00 - 18:00 ... 2. Harap segera tugas-tugas mata kuliah yang bp ampu diselesaikan sebelum UAS ...3. Bagi mahasiswa bimbingan Bp program SCR jalur Riset harap aplikasinya dipersiapkan dengan baik untuk sidang seminar proposal ... 4. Untuk jadwal bimbingan baik skripsi maupun SCP jalur Riset bisa dilayani tiap hari Rabu jm 13:00 - selesai ...5.Jika ada keperluan harap konfirmasi dulu maksimal sehari sebelum hari H, agar bisa terlayani dengan baik ...6. Pemesan buku data mining bisa langsung menghubungi Bp ... 7. Proses bimbingan SCP secara Offline bisa dilayani tiap hari Rabu ba'da Dzuhur ... 8. Untuk proses bimbingan KKN proses pembimbingan secara Online ...terima Kasih
1 2 3 4 5 6 7

Mukjizat shalat duha

Hasil gambar untuk shalat dhuhaSalah satu rukun Islam yang diwajibkan kepada setiap muslim adalah kewajiban melaksanakan shalat, sehingga bagi setiap muslim yang mengerjakan hal tersebut, insyaAllah akan bahagia dunia dan akherat.  Tetapi tak lengkap kiranya jika kita hanya melaksakan shalat wajib yang lima waktu saja, tanpa melaksakan shalat sunahnya.  Diantara shalat sunat yang hendaknya kita lakukan adalah melaksanakan shalat sunat duha. 
Rasullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk senantiasa mendawamkan salah satu shalat sunat ini, bahkan beliau senantiasa menjaga shalat satu shalat sunat ini.  Alangkah indahnya jika kita sebelum melaksanakan aktifitas pada pagi hari, terlebih dahulu melaksanakan shalat ini.  Subhanallah kita akan merasakan manfaat dari shalat ini.  Berikut ini beberapa keutamaan dari shalat sunat ini yang mungkin dapat kita peroleh :
1.    Kita akan senantiasa optimis dalam melaksanakan suatu pekerjaan.  Hal ini karena kita merasa yakin bahwa kesuksesan yang kita raih khususnya untuk urusan materi, pasti terdapat campur tangan Allah SWT didalamnya.  Sehingga orang yang melaksanakannya akan selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan kepadanya, tidak pernah mengeluh, menyalahkan diri sendiri dan keadaan bahkan tidak pernah menyalahkan orang lain jika menerima suatu kegagalan.   Menurut saya perasaan optimis itu merupakan suatu hal yang sangat penting dalam hidup ini, karena hal ini akan membangkitkan gairah dalam hidup yang memang menguras tenaga, fikiran dan emosi kita didalamnya.  Banyak sekali manusia yang stress bahkan sampai bunuh diri dengan cara yang bermacam-macam hanya karena tidak kuat ditimpa suatu cobaan, sungguh suatu akhir yang sangat rugi.  insyaAllah orang yang senantiasa melaksanakan shalat sunat ini, akan terjaga dengan hal-hal demikian karena hidupnya ada yang menjaga, melindungi bahkan ada yang menjamin dalam segala urusan.  Dia akan bersyukur apabila mendapat kebahagian dan akan sabar jika mendaptkan cobaan.  Subhanallah.
2.    Segala urusan yang menyangkut duniawi insyaAllah akan dilancarkan.  Hal ini saya alami sendiri sampai saat ini.  Alhamdulillah shalat yang satu ini lakukan, dan hasilnya saya hanya dapat mengatakan “mukjizat”.  Betapa tidak ditengah kesulitan yang saya alami, selalu saja ada jalan keluar.  Saya akan bercerita sedikit mengenai perjalan karier saya sampai saat ini saya menulis artikel ini.  Saya mendawamkan shalat duha ini sejak saya menjadi guru honor disuatu sekolah negeri yang ada di sukabumi.  Latar belakang pendidikan saya hanya diploma III.  Terkadang saya suka “mindir” jika dikaitkan dengan pendidikan, betapa tidak? Dilingkungan sekolah tersebut yang notabene hampir semua guru sudah berpendidikan S1, sedangkan saya dengan pendidikan D3.  Kita tentunya merasa minder, dan hal ini wajar saya rasakan karena sebagai manusia sifat minder itu pastilah ada.  Tetapi disela-sela mider itu, saya mendapatkan ilham untuk melaksanakan shalat duha yang memang selama ini saya tinggalkan.  Saya berfikir rupanya Allah SWT sedang menegor saya dengan menguji dengan hal ini.  Subhanallah pelan tapi pasti saya mendawamkan shalat ini, dan Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan kuliah S1 yang sebelumnya tidak terfikirkan.  Tetapi Allah SWT berkehendak lain, “KUN FAYAKUN”.  Allah SWT memberikan jalan kepada saya untuk dapat melanjutkan S1 dengan cara saya mengajar di suatu sma negeri yang ada di Sukabumi.  Disekolah tersebut saya pelan tapi pasti merintis karier dan menyisihkan penghasilan saya untuk kuliah S1, dengan tidak meninggalkan sekolah negeri yang pertama tadi.  Anehnya juga selain saya mendapat jalan dengan cara mengajar di sma negeri tadi, saya juga mendapat beasiswa dari pemerintah yang membantu pada para guru yang belum S1, saya berfikir ada saja jalan Allah SWT untuk memudahkan saya dalam studi.  Setelah saya lulus dan mendapat gelar sarjana teknik,  saya juga dapat menyelesaikan pendidikan akta mengajar di salah satu perguruan tinggi di Bogor.  Artinya lengkap sudah persyaratan saya menjadi seorang guru yang memang dulu tidak pernah terfikirkan.  Saya kembali “ketiban” mujur kembali, yakni saya diterima menjadi dosen disalah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Sukabumi dengan cara yang sebelumnya tidak pernah saya bayangkan.  Selain itu setelah kurang lebih satu tahun saya mengajar di perguruan tinggi tersebut, saya mendapatkan tawaran beasiswa ikatan dinas S2 magister ilmu komputer.  Meskipun dengan adanya beasiswa tersebut, saya mengikat secara akdemik dengan perguruan tinggi dengan batas yang telah disepakati, tetapi tidak mengapa karena mendapatkan neasiswa S2 juga merupakan suatu anugrah yang patut saya syukuri.  Sungguh suatu anugrah yang tak terfikirkan sebelumnya, karena bagaimana mungkin seorang guru seperti saya dapat melanjutkan pendidikan sampai S2 yang notabene mengelurkan biaya yang cukup besar.  Saya sekarang berfikir, mukjizat apa lagi yang nanti akan saya terima dengan melaksanakan shalat ini?.
3.    Kita akan senantiasa tawakal pada Allah SWT, hal ini karena dalam diri seorang yang melaksanan shalat ini, akan tertanam sikap dan mental ini.  Dia akan menyerahkan segala urusannya pada Allah SWT, ikhtiar dan berserah diri pada-Nya.   Menurut saya jiwa tawakal ini hendaknya dimiliki oleh setiap muslim, karena dengan hal ini dia akan bekerja kerja keras, cerdas dan ikhlas.   Tawakalah bukan berarti pasrah sebelum berjuang, tetapi berjuang terlebih dahulu baru selebihnya diserahkan pada Allah SWT karena hanya milik-Nya segala urusan dan hajat manusia ini, sifat tawakal ini berbanding lurus dengan optimis yang telah saya tuliskan di bagian pertama tadi, hal in karena rasa optimis muncul dengan sendirinya jika kita sudah melewati berbagai fase tawakal tadi.   Kita ambil contoh saja ketika seorang manusia lahir ke dunia ini pasti belum bisa berjalan, hal ini tentunya berbeda dengan binatang yang langsung dapat berjalan meskipun masih belum lancar.  Jika kita perhatikan dengan seksama perkembangan seorang bayi sampai dapat berjalan dengan lancar itu melalui proses yang cukup panjang, dan mungkin kita juga mengalami sewaktu kecil alangkah beratnya hal ini.  Tetapi orang-orang disekeliling kita terutama orangtua kita senantiasa menyemangati kita agar tidak menyerah dengan hal ini, sampai akhirnya kita dapat berjalan dengan sempurna seperti sekarang ini.  Pertanyaannya adalah kemanakah tawakal yang sewaktu kecil itu kita rasakan jika ada diantara kita sewaktu dewasa mudah menyerah dalam hidup ini?.
4.    InysaAllah kita akan terhindar dari kesulitan-kesulitan duniawi termasuk hutang.  Seorang yang senantiasa melaksanakan shalat ini, hidupnya akan dilingkupi rasa syukur dan tidak pernah iri dengan apa yang dimiliki oleh orang lain.  Dia tidak akan menyalahkan Allah SWT akan hal ini, karenanya dia tidak pernah meminta hal-hal yang menurutnya belum mampu untuk mencukupinya.  Banyak kita temui jika dilihat secara materi, cukup bahkan lebih dari cukup, tetapi orang tersebut merasa kurang dan yang lebih parahnya lagi sampai berhutang untuk mencukupi kebutuhannya itu.  Hidup ini akan terasa aman jika kita tidak mempunyai hutang, ingat hutang yang kita tanam di dunia ini suatu hari nanti pasti kan ditanyakan sekecil apapun.
Demikianlah sedikit gambaran mengenai mukjizat shalat duha ini, insyaAllah orang yang melaksanakannya akan mendapatkan kebahagian khususnya dunia dan akherat.  Semoga kita senantiasa dapat melaksanan sunnah Rasullah SAW ini dan mendidik putra-putri kita agar dapat melaksanakan sunahnya.  Amin....


Catatan iseng,


Dudih Gustian,ST
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recommended Posts

Profilku

Salam Hangat, ini adalah blog yang bertujuan untuk sekedar share pengetahuan, pengalaman baik untuk diri sendiri maupun oranglain. Mudah-mudahan ada setitik manfaat dari tulisan didalamnya bagi anda ...Read More..

Sang Maestro Dalang Pasundan