Banyak
sekali para mahasiswa yang masih bingung dalam menyusun laporan penelitian
skripsi. Mereka umumnya bingung harus
mulai dari mana, bagaimana cara menyusunnya dan sebagainya. Dengan tulisan ini mudah-mudahan dapat
membantu mahasiswa dalam menyusun sedit demi sedikit bagaimana menyusun alur
laporan skripsi dengan baik dan
benar. Hal ini tentu saja didasari
dengan pengalaman penulis dalam membimbing mahasiswa dan kajian-kajian ilmiah
yang pernah ditulis dan dipublikasikan.
Pada
umumnya setiap kampus memiliki aturan-aturan yang berbeda dalam menyusun
pedoman skripsinya, tetapi pada dasarnya sama yakni agar setiap mahasiswa pada kampus tersebut
memiliki persepsi yang sama yang sudah ditentukan. Hal ini dapat dimaklumi karena hasil dari
skripsi mahasiswa tersebut secara tidak langsung akan disimpan dalam
perpustakaan kampus untuk jadi referensi mahasiswa dibawahnya maupun kajian
penelitian yang nantinya dapat dikembangkan pihak civitas kampus.
Bab I. Pendahuluan
Pada
bab ini terdiri dari :
a.
Latar belakang masalah
Dalam
menyusun latar belakang masalah, saya mempunyai konsep yang diambil dari Dosen
Pasca sarjana Dr. Romi Satria Wahono, M.Eng, dengan konsep OMKKSOLTU. Apa
artinya ?
Contoh
kasus : judul skripsi (pengaruh animasi interaktif dengan inquiry untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika (studi kasus sma
negeri x bandung/pengaruh metode inquiry dengan animasi interaktif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika (studi kasus sma
negeri x bandung).
Dalam
latar belakang masalah ini dimabil jurnal-jurnal/buku referensi pendukung
sehingga dapat ditulis pada bagian ini seperti contoh berikut :
Siswa
adalah bagian terpenting dari perubahan yang terjadi disekolah …….(achmad,
2009) ini adalah O (kalimat ini adalah kutipan dari jurnal referensi). Hasil
belajar siswa pada siswa tigkat sekolah dasar sampai menengah mengalami penurun
yang diakibatkan oleh beberapa factor …………..(budi, 2010) ini adalah M (kalimat
ini adalah kutipan dari jurnal referensi). Metode –metode dalam meningkatkan
hasil belajar siswa seperti metode problem base learning (gungun, 2013), proyek
base learning (cahya, 2010) dan jigsaw (dani, 2009) ini adalah metode –metode
yang dijadikan kajian referensi dalam jurnal.
Problem
base learning memiliki kelebihan karena dalam memecahan masalah secara langsung
tetapi kekurangannya butuh waktu lama dalam akusisi data (gungun, 2013). Proyek base learning memiliki kelebihan dalam
hasil output yang didapatkan dalam nilai ekonomis sedangkan kekurangannya butuh
kerjasama yang baik dalam semua pihak dan data yang dihasilkan kurang bagus
(cahya, 2010). Jigsaw memiliki kelebihan
dapat memecahkan masalah dengan cara permainan sedangkan kekurangannya seorang
guru harus dapat mengontrol para siswanya sehingga akurasi data kuarang tepat (dani,
2009) ini adalah KK (kalimat ini adalah kutipan dari jurnal referensi). Dengan menggunakan Metode inquiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dengan cukup signifikan, hal karena metode ini
memliki kelebihan pada waktu penelitian yang panjang sehingga keakuratan data
dapat dipertanggungjawakan tetapi kelemahannya dibutukan ketelitian dan
kesabaran bagi guru dalam melakukan penelitian ini ………….(sudarso, 2013) ini
adalah SOL (kalimat ini adalah kutipan dari jurnal referensi). Pada penelitian ini digunakan metode inquiry untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
b. Identifikasi
masalah
Dalam
kasus ini dapat diambil beberapa identifikasi masalah contohnya :
·
Sistem pengukuran masih menggunakan
manual (mis. Kondisi dilapangan masih manual)
·
Tingkat akurasi masih belum memuaskan
karena masih menggunakan manual
·
Dsb
c. Batasan
masalah
·
Penelitian ini dilakukan dengan sampel mapel
bahasa indonesia dengan kelas x ipa
·
Penelitian ini dilakukan pada semester
genap tahun akademik 2012-2013
·
Dsb
d. Rumusan
masalah
·
Bagaiman peningkatan hasil belajar siswa
dengan menggunakan metode inquiry ?
·
Parameter apa saja yang digunakan dengan
metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa?
·
Seberapa besar kehandalam GUI yang
dibuat sehingga dapat membantu pihak terkait dalam meningkatkan hasil belajar
siswa?
·
Dsb
e. Tujuan
dan manfaat penelitian
1.
Tujuan
·
Meninhkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode inquiry
·
Menggunakan parameter dengan metode inquiry dalam meningkatkan
hasil belajar siswa
·
Menghasilkan kehandalan GUI yang dibuat
sehingga dapat membantu pihak terkait dalam meningkatkan hasil belajar siswa
2.
Manfaat praktis
(tuliskan
apa saja)
Manfaat
teoritis
(tuliskan
apa saja)
f.
Sistematika penulisan
Dalam sistematika penulisan yang disajikan
secara umum terdiri dari lima bab, dan masing-masing bab memiliki beberapa sub
bab yang terdiri dari :
Bab I
Pendahuluan
Pada bab ini berisi latar belakang penulisan,
permasalahan ……………dsb.
Bab II
Landasan Teori
Pada bab ini berisi tentang landasan teori
yang digunakan …………dsb
Bab III Metode Penelitian
Pada bab ini berisi tentang metode penelitian
yang membahas mengenai ……dsb
Bab IV
Hasil Dan Pembahasan
Pada bab ini berisi tentang hasil dan
pembahasan …………..dsb
Bab V
Kesimpulan dan Saran
Pada
bab ini berisi mengenai kesimpulan dari hasil …………dsb
Bab II. Tinjauan Pustaka
Hal penting yang perlu dingat dalam tinjauan pustaka
ini adalah :
1.
Kutipan-kutipan dari buku refensi maupun
jurnal harus ada dalam daftar pustaka, jangan mengutip jurnal/buku refensi
tetapi tidak dicantumkan dalam daftar pustaka
2.
Buat sub yang berisi variabel x dan y
sesuai dengan judul skripsinya, misalnya jika contoh kasus diatas, maka
variabel x-nya adalah pengaruh animasi interaktif (cari kutipan dari
jurnal/buku referensi terkait dan cantumkan secukupnya saja) , variabel y-nya
adalah meningkatkan hasil belajar siswa/hasil belajar siswa pada pelajaran
matematika (cari kutipan dari jurnal/buku referensi terkait dan cantumkan secukupnya
saja), lalu dapat pula mencantumkan literature metode yang dipilih (dalam kasus
ini metode inquiry) cari kutipan dari jurnal/buku refernensi terkait.
3.
Jika ingin mancantumkan tempat kasusnya
mis. Sma negeri x bandung (boleh juga dicantumkan sebagai referensi, mis visi
dan misi, struktur organisasi, sejarah dsb)
4.
Wajib cantumkan juga pada sub tertenyu kajian
studi relevan, misalnya seperti contoh berikut ini :
No
|
Peneliti dan Tahun Penelitian
|
Judul dan Lokasi penelitian
|
Domain
|
Hasil
|
Komentar Peneliti
|
Yang diadopsi oleh peneliti
|
1
|
Gugun gunawan (2013)
|
Penerapan problem base learning
dalam kurikulum 2013 pada mapel matematika, UNY Yogyakarta
|
Tolak ukur yang digunakan,
diantaranaya sebagai berikut :
1.
Kognitif
2.
Psikomotorik
3.
Afektif
|
Dapat mendorong staf pengajar didorong untuk merefleksikan
kualitas, kecukupan, kepuasan, efisiensi dan inovasi dalam pengajaran teknis lembaga akademik |
Proses evaluasi penilaia siswa yang terdapat
dalam hal dimana variabel kualitatif dipetakan menjadi
hasil numerik dengan menerapkan
problem
base learning
|
Hasil
penelitian
ini akan
menjadi
acuan
dalam
penelitian
ini
|
Cantumkan
semua jurnal-jurnal yang nantinya akan dijadikan referensi, jurnal-jurnal
tersebut terdapat dibab 1 pada latar belakang masalah.
5.
Cantumkan pula software animasi
interaktif yang nantinya akan digunakan, misalnya macromedia flash. Dapat diterangkan sejarah perkembangan flash
beserta versinya masing-masing dsb
6.
Cantumkan kerangka pemikiran penelitian
anda (dalam sebuah bagan terstruktur sdari awal anda mendapatkan masalah,
merumuskan masalah, menjawab dengan solusi yang ditawarkan, proses pengambilan
data serta bagaimana pengolahan data yang terjadi sampai penarikan kesimpulan),
hasilnya terangkan secara singkat dan jelas
7.
Dalam menarik hipotes yang perlu
diperhatikan ialah hendaknya ada keterkaitan antara penarikan hipotesis dengan
rumusan masalah dan tujuan penelitian pada bab 1, misalnya dalam kasus ini
diambil hipotesis sebagai berikut :
·
Diduga dengan metode inquiry dengan
media interaktif dapat meningkatkan
hasil belajar siswa
·
Parameter yang digunakan dapat mendukung
dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat mendukung
·
Diduga GUI yang dibuat sehingga dapat
membantu pihak terkait dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Sehingga
hasil dari hipotesis ini dicantumkan dalam kesimpulan dan data-data pendukung
(proses pengambilan sampel, pengolahan dan hasilnya dilampirkan pada lampiran)
Bab
III. Metodologi Penelitian
(Sudah jelas)
Bab
IV. Hasil dan Pembahasan
(sudah jelas)
Bab
V. Kesimpulan dan Saran
(sudah jelas)
Daftar
Pustaka
(sudah jelas)
Selamat
mengerjakan, mudah-mudahan catatan saya ini dapat membantu khususnya bagi para
mahasiswa yang baru mengerjakan skripsi, sehingga dapat mudah dalam menyusun
laporan sesuai sistematika penulisan yang baik dan benar.
Salam
mahasiswa, bangkit negaraku dengan pendidikan yang kuat dan berkarakter.
Salam,
Dudih
Gustian