-->
Info : 1. Jadwal Live session untuk mata kuliah : Konsep Sistem Informasi SI 20A Jum'at 15 Januari 2021 jam 16:00 - 17:00, Machine Learning TI 18B Jum'at 15 Januari 2021 jam 17:00 - 18:00, Konsep Sistem Informasi SI20B Senin 18 Januari 2021 jm 17:00 - 18:00, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi SI 19B Selasa 19 Januari 2021 jam 17:00 - 18:00, Konsep Sistem Informasi SI 20C Minggu 17 Januari 2021 jam 19:00 - 20:00, Arsitektur dan Organisasi Komputer SI 19C Minggu 17 Januari 2021 jam 16:00 - 17:00, Data Mining SI 18C Minggu 17 Januari 2021 jam 17:00 - 18:00 ... 2. Harap segera tugas-tugas mata kuliah yang bp ampu diselesaikan sebelum UAS ...3. Bagi mahasiswa bimbingan Bp program SCR jalur Riset harap aplikasinya dipersiapkan dengan baik untuk sidang seminar proposal ... 4. Untuk jadwal bimbingan baik skripsi maupun SCP jalur Riset bisa dilayani tiap hari Rabu jm 13:00 - selesai ...5.Jika ada keperluan harap konfirmasi dulu maksimal sehari sebelum hari H, agar bisa terlayani dengan baik ...6. Pemesan buku data mining bisa langsung menghubungi Bp ... 7. Proses bimbingan SCP secara Offline bisa dilayani tiap hari Rabu ba'da Dzuhur ... 8. Untuk proses bimbingan KKN proses pembimbingan secara Online ...terima Kasih
1 2 3 4 5 6 7

Sertifikasi Dosen

 

Menjadi dosen merupakan profesi yang mulia, dimana profesi ini menuntut selain update pengetahuan juga mentransformasi pengetahuan kepada mahasiswa dari hasil pengalaman penelitian dan pengabdian bagi dosen sendiri.  Dari hasil itu nampak bahwa dosen merupakan profesi yang mulia dan berakibat untuk jangka panjang khususnya dalam ikut membangun bangsa dalam menyiapkan sumber daya manusai yang handal.

Namun menjadi dosen yang baik, handal serta professional menjadi hal yang mudah untuk diucapkan namun tidak mudah dilaksanakan.  Hal ini tentunya menjadi suatu keharusan bagi seorang dosen untuk benar-benar menjadi dosen, bukan guru yang hanya mengajar.  Karena tugas pokok antara guru dan dosen serupa namun tidak sama, jika guru itu tugas bertugas sebagai pendidik yang ditugaskan megajar  sedangkan dosen sebagai peneliti yang ditugaskan mengajar. 

Oleh karenanya dalam meningkatkan mutu pendidikan di jenjang perguruan tinggi, maka Pemerintah mengeluarkan undang-undang Guru dan Dosen tahun 2005 tentang syarat dan tunjangan profesi mulia ini.  Dimana dalam undang-undang tersebut tercatum bahwa syarat untuk menjadi Guru harus S1 (Sarjana), sedangkan Dosen S2 (Magister).  Dan untuk meningkatkan kesejahteraan para Guru dan Dosen diberikan tunjangan profesi berupa sertifikasi yang disetarakan dengan gaji pokok PNS sesuai golongan.  Informasi ini tentunya menjadi pemicu bagi Guru dan Dosen dalam meningkatakan jenjang pendidikannya maupun berita yang membahagiakan.

Perjalanan saya mendapatkan sertifikat sertifikasi dosen cukup berkelok dan panjang.  Betapa tidak karena saya mengalami cerita yang sangat panjang, dimulai dari menjadi guru disalah satu sekolah swasta di kabupaten Sukabumi.  Latar belakang saya yang tidak punya pengalaman dalam dunia pendidikan membuat saya kaku saat pertama kali masuk kelas.  Namun karena mungkin panggilan jiwa yang kuat dalam mengajar membuat saya “nekad” untuk terus dalam prosesi ini.  Pelan tapi pasti saya mulai menyenangi menjadi Guru dengan diterimanya saya mengajar di SMK Negeri 1 Sukabumi dengan mata pelajaran KKPI (komputer).  Jujur saja latar belakang skill bukan dari computer sehingga saya harus belajar keras mengejar ketertinggalan itu, dengan niat yang kuat saya belajar dengan kuat.  Genap 1 tahun saya mengajar di sekolah yang notabene Almamater karena saya merupakan alumni tahun 1999 untuk jurusan Elektronika.  Setelah pengalaman yang saya dapatkan itu, saya diterima mengajar di SMA Negeri 4 Sukabumi untuk mata pelajaran TIK (computer), dan sekolah swasta SMA PGRI 1 Sukabumi.  Pelan tapi pasti pengalaman yang saya dapatkan membawa saya diterima naik tingkat untuk mengajar di BSI Sukabumi dan STMIK Nusa Mandiri.  Perlu digarisbawahi bahwa saya mengajar di SMKN 1 Sukabumi dengan pendidikan Diploma 3, tapi Allah SWT membantu saya untuk sekolah tingkat Sarjana melalui jalur Beasiswa peningkatan pendidikan profesi Guru dan pad tahun yang sama saya melanjutkan pendidikan Akta 4 mengajar.  Jadi secara professional, boleh dikatakan sudah sah menjadi guru.

Setelah 1 tahun menjadi Dosen, saya mendapat kesempatan untuk lanjut studi S2 tahun 2010 yang diprakarsai BSI.  Memang sebelum itu saya pernah ditawari oelh pihak manajemen BSI untuk lanjut studi S2 melalui jalur beasiswa ungggulan dan masuk IPB, namun karena beberapa pertimbangan saya memutuskan untuk lanjut studi S2 di STMIK Nusa Mandiri yang satu manajemen dengan BSI.  Tidak masalah mau negeri atau swasta yang penting saya kuliah S2, pikir saya saat itu.

Selama 10 tahun menjadi Guru dan 8 tahun menjadi Dosen yang diikuti dengan lanjut studi S2 yang dibantu oleh kampus tempat saya mengajar (BSI), akhirnya tahun 2019 nama saya terpanggil untuk ikut seleksi sertifikasi Dosen.  Namun proses untuk hal itu tidak gampang, karena secara data sudah seharunya terpanggil untuk angkatan pertama tahun 2017 di kampus Nusa Putra. Setelah ditelusuri ternyata terdapat kesalahan sinkronisasi data khususnya pada data Diploma saya.  Tahun 2019 pun proses sertifikasi yang saya lalui tidak mudah dan langsung lulus, karena saya kesulitan dalam mendapatkan akun website PLTI.  Namun setelah diteliti dengan baik, akhirnya saya mendapatkan akun tersebut.  Dalam website itu, saya mencari info terkait tes TOEFL dan TPA yang nantinya sebagai syarat wajib untuk kelulusan sertifikasi dosen.  Saya berangkat ke Bandung yang didampingi oleh istri dan si cikal Yusuf untuk tes TOEFL dan TPA di Universitas Maranatha.  Tes berlangsung dengan lancar dan sertifikat yang dinantikan akhirnya keluar juga.   Namun saya sedikit kecewa karena tes TOEFL itu cukup kecil dan tidak akan mampu untuk mendongkrak kelulusan serdos.  Saya lanjut untuk mengikuti proses sertifikasi D4 (persepsi diri) yang merupakan tahapan penilaian dari atasan, rekan sejawat dan mahasiswa.  Alhamdulillah saya dibantu oleh rekan Dosen dalam pengisian ini yang memang sudah berpengalaman.  Namun karena nilai TOEFL yang kurang, maka sesuai prediksi sebelumnya saya tidak bisa lanjut ke D5 untuk mengisi deskripsi diri.  Saya hanya bisa pasrah dan intropeksi diri agar bisa mempersiapkan secara maksimal sertifikasi dosen tahun berikutnya.

Setelah kegagalan tersebut saya langsung ambil langkah untuk ikut tes TOEFL kembali dan berusaha semaksimal mungkin meningkatkan nilai TOEFLnya.  Tapi yang membuat saya senang, jabatan Lektor saya keluar dan itu artinya sudah cukup membantu saya menambah nilai persiapan untuk serdos tahun berikutnya.  Akhirnya setelah menunggu waktu yang lama, pegumuman pembukaan serdos kembali dibuka untuk periode 2020, saya sudah sangat siap berbekal data-data sebalumnya ditambah jafug Lektor dan nilai TOEFL saya pun naik dengan cukup banyak dan sepertinya setelah disimulasi tanpa bantuan Lektorpun saya yakin bisa lolos D4.  Nilai jafung Lektor ditambah TOEFL yang termasuk skala 4, akhirnya saya lolos D4 dan bisa mengikuti tahap D5 untuk pengisian deskripsi diri yang memang sebalunya juga sudah saya persiapkan dengan matang.  Saya masih ingat, pengisian D5 waktu bulan puasa dan saya sangat terbantu karena sekalian mengisi waktu berbuka puasa ditambah saat itu pandemic Covid 19 mulai muncul dan “rame” di Indonesia yang sedang melakukan PSBB.

Setelah D5 saya selesaikan, saya submit setelah sebelumnya konsultasi dulu dengan rekan yang berpengalaman tadi.  Setelah dirasa OKE, say submit dan berdo’a mudah2n kelahiran anak saya yang kedua memberi berkah.  Setelah menunggu beberapa bulan, tepat saya sedang progress akreditasi prodi Sistem Informasi, saya dinyatakan lulus dan kontan saya menucapkan hamdallah dan syujud syukur akan kelulusan hal ini.  Disatu sisi saya merasa senang akan kelulusan ini karena perjalanannya yang cukup panjang, namun disisi lain saya merasa harus mempertanggungjawabkan dengan benar tri dharma (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat) yang akan saya lakukan kedepan kepada Negara karena memperoleh tunjangan serdos seperti PNS. 

1 komentar:

Recommended Posts

Profilku

Salam Hangat, ini adalah blog yang bertujuan untuk sekedar share pengetahuan, pengalaman baik untuk diri sendiri maupun oranglain. Mudah-mudahan ada setitik manfaat dari tulisan didalamnya bagi anda ...Read More..

Sang Maestro Dalang Pasundan